5 Cara mengatasi sembelit secara alami

Cara mengatasi sembelit

Sembelit bagi sebagian orang mungkin bukan sebuah masalah serius, namun bagi sebagian lainnya yang telah mengalami masalah konstipasi akut, informasi tentang cara mengatasi sembelit yang tepat secara kesehatan sangatlah dibutuhkan.

Sembelit selain membuat ketidaknyamanan dan mengganngu aktivitas sehari-hari, juga harus mendapat perhatian lebih karena keluhan ini bisa jadi sebuah awalan dari penyakit yang lebih serius yaitu kanker usus besar jika berlangsung dalam kurun waktu lama.

Seseorang yang mengalami sembelit sama artinya terdapat sebuah penumpukan tinja dalam tubuh, dimana hal ini sangat merugikan untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Berikut ini terdapat beberapa tips untuk mengatasi keluhan konstipasi atau sembelit yang tidak kunjung sembuh :

  1. Olah raga ringan namun teratur seperti jalan kaki dan jogging disebut dapat membantu seseorang untuk mengatasi keluhan sembelit atau sulit buang air besar.
  2. Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah pepaya dan buah kiwi. Selain mengandung serat tinggi, kedua buah ini sekaligus bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  3. Hentikan emosi yang tidak stabil atau stress. Karena depresi atau tekanan pikiran berdampak meningkatnya asam lambung yang juga menjadi salah satu penyebab sembelit/konstipasi. Menjaga emosi selalu stabil salah satu caranya dengan menjaga agar senantiasa menghindari kurang tidur.
  4. Mengkonsumsi air putih cukup. Karena pada dasarnya, sembelit juga disebabkan oleh tubuh yang kekurangan air atau kekurangan cairan dalam tubuh.
  5. Hentikan konsumsi minuman bersoda dan makanan instan yang mengandung banyak bahan-bahan kimia seperti penyedap dan pengawet buatan

Cara-cara sederhana diatas telah banyak dibuktikan efektif untuk mengatasi berbagai masalah sembelit atau konstipasi/tinja keras.