Cara sehat mengatasi tidur mendengkur

mengatasi tidur mendengkur

Setelah dipelajari lebih seksama, ternyata gangguan tidur itu banyak sekali banyak, ragam dan gejalanya. Tidak hanya orang-orang dengan keluhan susah tidur yang disebut dengan 'sleep disorder' (tidur bermasalah), namun tidur dengan mendengkur ternyata juga dikategorikan sebagai gangguan tidur.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara mengatasi tidur dengan mendengkur ?

Tips sederhana untuk membantu mengurangi keluhan gangguan semacam ini adalah dengan meningkatkan kinerja paru-paru. Paru-paru sehat beserta saluran pernafasan lancar, insyaAllah seseorang tidak akan mengalami tidur dengan mendengkur. Namun, jika sudah melakukan berbagai upaya termasuk olah raga fisik untuk menguatkan dan menyehatkan paru-paru namun masih saja tidur dengan mendengkur, ada baiknya seseorang yang bersangkutan memeriksakan diri ke dokter.

Olah raga apa yang direkomendasikan ?

Olah raga yang dapat membantu kesehatan fungsi paru-paru salah satunya adalah berenang. Namun, jika olah raga tersebut sulit untuk dilakukan bagi anda, olah raga jalan kaki atau jalan cepat dapat dilakukan secara teratur.

Intinya adalah semua organ tubuh dituntut bergerak, tidak hanya 'capek' pikiran dengan kerja duduk di kursi dan di depan komputer seharian. Dengan ritme latihan fisik yang mulai teratur, lambat laun berbagai permasalahan gangguan tidur insyaAllah akan mulai berkuran.

Dan, jangan lupa agar senantiasa memberikan ketenangan dalam pikiran agar tubuh tidak lelah secara bathin atau rohani.