5 Akibat kurang tidur yang membahayakan kesehatan

akibat kurang tidur


Pola hidup masyarakat modern kini banyak mempengaruhi gaya seseorang dalam menjalani kesehariannya. Permasalahan kurang tidur seringkali menjadi keluhan yang sering kita dengar dari rekan-rekan kantor, kuliah maupun dari sekedar obrolan-obrolan ringan dalam hubungan kekeluargaan.

Tidur menjadi sebuah aktivitas yang istimewa dengan tidak semua orang dengan mudah menikmatinya, bukan karena ketidak-adaan fasilitas seperti kasur atau rumah yang nyaman. Akan tetapi permasalahan tekanan mental, psikis dan berbagai beban hidup lainnya sangat mempengaruhin permasalahan kurang tidur atau yang disebut juga dengan insomnia.

Akibat kurang tidur bagi kesehatan tubuh

Namun tahukah anda, bahwa akibat kurang tidur berdampak buruk untuk kesehatan seseorang. Apa saja dampak negatif tersebut ?, simak berikut ini :

1. Ancaman penyakit diabetes
Aktivitas tidur berhubungan erat dengan hormon insulin. Hal ini menyebabkan ketidakmampuan dalam mengolah glukosa dalam tubuh secara baik menjadikan seseorang beresiko terserang penyakit diabetes.

2. Daya tahan tubuh menurun
Daya tahan tubuh atau immunitas seseorang rentan drop dan mudah terserang penyakit jika tidur malam tidak terpenuhi secara optimal dan berkualitas. Tubuh kesulitan dalam menangkal serangan virus dan bakteri.

3. Gangguan Ingatan
Seseorang yang kurang tidur dalam hal ini istirahat malam, dalam kurun waktu tertentu dapat mengalami gangguan ingatan, dan jika hal ini berlangsung terus menerus maka penurunan daya ingat juga akan dialami.

4. Serangan Jantung
Resiko ini yang paling berbahaya, karena serangan jantung biasanya datang secara tiba-tiba jika kondisi seseorang tetap memaksakan untuk tetap bertahan tidak istirahat malam lebih dari 1x24 jam. Sangat dianjurkan, dalam sehari-semalam harus ada waktu yang diluangkan minimal antara 5-6 jam untuk istirahat sempurna/tidur.

5. Emosi tidak stabil
Akibat ini sangat mudah dikenali, yaitu emosi yang meluap-luap atau seseorang yang tiba-tiba mudah marah merupakan pengaruh dari kurangnya istirahat malam, atau bisa jadi secara kuantitas waktu yang diluangkan untuk tidur sudah cukup namun tidak berkualitas.

Berikut ini gambar ilustrasi efek kurang tidur untuk kesehatan :
akibat kurang tidur bagi kesehatan

akibat kurang tidur bagi kesehatan

image credit : wikipedia

Beberapa point yang disebut diatas merupakan dampak atau efek negatif kurang tidur jika seseorang dalam kurun waktu tertentu mengabaikan waktu istirahat malam baik disengaja atau tidak disengaja karena memang mengalami gangguan istirahat malam.

^
^
^
referensi :
Tips mengatasi susah tidur