Tips menjaga kesehatan bayi atau balita

menjaga kesehatan bayi

Sehat sejak dini lebih baik untuk mendapatkan generasi masa depan yang lebih produktif lahir bathin. Menjaga kesehatan bayi atau balita tidak boleh asal-asalan. Harus dipelajari dari berbagai referensi dan literatur tentang prioritas kebutuhan yang harus diberikan dan pantangan bagi mereka.

Perlakuan terhadap bayi tentu berbeda karena struktur fisik antara bayi dan orang dewasa memiliki perbedaan. Namun meski demikian, sebenarnya kesehatan bayi akan lebih mudah merawatnya jika seorang ibu mengerti kebutuhan dasar dari bayi yang bersangkutan.

Menjaga kesehatan bayi

Artikel seputar menjaga kesehatan bayi sangat banyak di dunia maya, kesehatan yang dimaksud bisa dilihat dari berbagai aspek dan sudut pandang. Sedangkan artikel ini akan menyampaikan pengalaman kami selaku orang tua dalam memperlakukan dua putra-putri kami selama fase bayi atau usia dibawah 2 tahun pertama.

Alhamdulillah, pada usia tersebut kedua buah hati kami tidak mengalami gangguan kesehatan yang serius dan bahkan menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan yang positif dan aktif.

Tips-nya ada 2 yaitu, Pemberian ASI yang optimal dan Kebersihan pakaian dan lingkungan.

Sederhana bukan ?, iya, memang sangat sederhana, atau bahkan anda juga akan berpikir, itu mah sudah biasa ...

  1. Pemberian ASI optimal
    ASI atau air susu ibu yang dimaksud optimal adalah ASI yang memenuhi kebutuhan anaknya dari segi waktu pemberian hingga kualitas ASI yang diberikan. Konsumsi dan emosi seorang Ibu yang menyusui memiliki peran dominan bagi seorang bayi apalagi jika bayi berumur 6 bulan yang masih dalam fase ekslusif.
  2. Kebersihan lingkungan dan pakaian
    Selain faktor konsumsi, dari pengamatan kami selama fase anak berusia 0-2 tahun, seorang bayi memiliki sensitivitas kesehatan dan kenyamanan yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan dan pakaiannya. Tidak jarang mereka mengalami susah tidur hingga menangis semalaman karena kurang nyaman dengan kebersihan pakaiannya termasuk alas 'pipis' yang digunakan.

Meskipun tampak sederhana, cobalah untuk berkomitmen terhadap dua hal diatas. Percayalah, insyaAllah dengan memperhatikan asupan gizi serta kebersihan pakaian dan lingkungan bagi si-kecil akan membantu tumbuh kembang serta senantiasa menjaga kesehatan bayi tersebut.

image credit : bayi